Donderdag 14 Maart 2013

6 kuliner Medan yang menggugah selera

6 kuliner Medan yang menggugah selera

Foto Selengkapnya:
detikTravel Community - 
Secara garis besar,Medan dihuni oleh etnis Melayu, Batak, Jawa, berbaur dengan Tionghoa dan India. Multikultular inilah yang membuat kuliner di Medan begitu beragam. Maka, tak heran bila Medan kerap menjadi tujuan untuk berwisata kuliner.
Medan, Sumatera Utara memang memiliki kuliner-kuliner yang mampu menggoda lidah para wisatawannya. Seperti di kampung Madras misalnya, kawasan yang menjadi tempat tinggal keturunan India ini banyak menyajikan makanan yang kaya akan bumbu khas India. Sedangkan, di Jln. Semarang dan Kompleks Perumahan Cemara Asri, terdapat banyak Chines food tersedia.  
Kalau Anda sedang berkunjung ke Medan, kurang lengkap rasanya tanpa menikmati keanekaragaman kuliner yang tersedia di sini. Berikut ini tujuh tempat kuliner di Medan yang wajib Anda coba.
Rumah Makan Sinar Pagi
Perjalanan kuliner bisa dimulai dengan menikmati soto Medan di RM. Sinar Pagi yang berada di Jln. Sei Deli. Jangan kaget, biasanya orang Medan sarapan pagi dengan menu berat dan lengkap.
Jika ingin menikmati soto Medan yang lezat, di sinilah tempat yang tepat. Soto yang berkuah kental dengan sarat bumbu ini dipastikan bisa membuat mulut ketagihan. Tapi, kalau tidak suka kuah santan yang kental, Anda juga bisa memesan sop ayam atau daging yang sama nikmatnya.
Rumah makan ini memang terkenal dan selalu ramai pengunjung. Bila Anda tertarik mengisi perut di rumah makan ini, harus bisa sabar mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali. Anda bisa juga menjadikan Soto Medan ini sebagai menu makan siang karena rumah makan ini mulai buka pukul 07.00 WIB-15.00 WIB.
Rumah Makan Sipirok
Rumah Makan Sipirok yang berlokasi di Jln. Sunggal No. 14, Medan. Biasanya rumah makan ini mulai buka pukul 10.00 WIB-15.00 WIB.  Lokasinya tepat berada di pinggir jalan raya.
Rumah makan memiliki ruang yang lumayan luas dan bersih. Menu andalan yang tersaji di Rumah Makan Sipirok adalah sop iga sapi dengan kuah bening dan rasanya yang gurih. Masakan Medan yang satu ini benar-benar menggugah selera. Kalau sudah sekali makan, pasti ingin nambah.
Selain itu, ada juga gulai ikan asap dan sup sumsum kaki sapi. Cara makan sup sumsum kaki sapi di Rumah Makan Sipirok sangat unik. Sumsum yang ada di dalam rongga tulang kaki sapi dihisap menggunakan sedotan.
Bila ingin datang ke Rumah Makan Sipirok sebaiknya jangan datang terlalu siang kalau tidak ingin kehabisan masakan-masakan andalan di sini. Selain makanannya yang mampu menggoyangkan lidah pengunjung, kasir di rumah makan ini merupakan pemilik Rumah Makan Sipirok itu sendiri. Namun, beliau tidak duduk di balik meja khusus seperti kasir rumah makan pada umumnya, melainkan berjalan keliling sambil membawa uang lembaran baru yang akan digunakan sebagai kembalian.
Mie Aceh Titi Bobrok dan Mie Aceh Baru
Ada dua kedai Mie Aceh yang populer di Medan. Pertama, Mie Aceh Titi Bobrok yang berlokasi di Jln. Setiabudi No. 17C dan kedua, Mie Aceh Baru di Jln. Setiabudi No. 48.  Kedua kedai ini buka setiap pukul 11.00 WIB-21.00 WIB. 
Anda yang bertandang ke Medan harus coba mi dengan campuran kepiting, bisa mi goreng atau mi kuah. Rasanya yang lezat dan kaya rasa rempah semakin terasa nimat disajikan bersama acar bawang, emping melinjo, dan irisan mentimun. Bagi yang tidak suka kepiting, bisa mencoba mie Aceh biasa, mie Aceh udang, mie Aceh daging, mie Aceh telur, atau mie Aceh cumi. Harganya pun tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp8.000,00-Rp40.000,00 per porsi.
Sate Padang Al-Fresco
Sate Padang yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Anda bisa menikmatinya bersama taburan keripik singkong pedas. Campuran citarasa gurih, pedas, dan suara kriuk-kriuknya membuat  selera makan bertambah. Kedai Sate Padang Al-Fresco berlokasi di Jln. Perniagaan (Pajak Ikan) dan buka mulai pukul 19.00 WIB-22.00 WIB.
Kedai Durian Ucok dan Kedai Durian Pelawi
Nah, ini dia yang paling tersohor di Medan. Sekitar bulan Desember-Februari, harga durian relatif murah karena sedang musimnya, sekitar Rp15.000,00-Rp20.000,00 per buah. Tapi, jangan khawatir bila Anda datang sebelum Desember atau sesudah Februari, durian Medan selalu tersedia sepanjang tahun, hanya harganya saja menjadi sedikit lebih mahal.
Anda tidak perlu khawatir bila tidak bisa memilih durian. Pelayannya akan memilihkan durian sesuai keinginan pembeli. Mau yang manis legit atau manis pahit? Kalau tidak sesuai keinginan, Anda boleh mengembalikannya dan tidak perlu bayar.
Untuk menikmati durian Medan, Anda bisa berkunjung ke Kedai Durian Ucok di Jln. Iskandar Muda No. 75 atau di Kedai Durian Pelawi, Jln. Sunggal, Simpang Jalan Kutilang, Medan.
Pusat Jajan Merdeka Walk
Kurang lengkap rasanya kalau sudah ke Medan tapi tidak mampir ke Merdeka Walk. Merdeka Walk merupakan tempat jajan berkonsep outdoor. Tempat ini sangat ramai di malam hari dan merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda Medan.
Di Nelayan Tenda, salah satu tempat makan yang ada di Merdeka Walk, Anda bisa menikmati pancake durian yang sangat populer di Medan. Cake ini terbuat dari buah durian tanpa biji dan dibalut dengan dadar yang tipis, so yummy!
Ehm... makanan-makanan khas Medan ini memang sangat menggoda dan membuat perut terasa lapar lebih awal. Jadi, bila berkunjung ke Medan jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat kuliner ini dan rasakan sensasi lezatnya makanan ala Medan yang dijamin "Maknyus".

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking