Donderdag 14 Maart 2013

Ikan Bakar Baung, Ikan Bakar Lais dan Udang Galah

Inilah Ikan Bakarnya

Suasana Saung di Pinggir Sungai Kahayan

Berwisata Sambil Berburu Makanan Khas Kuliner di Palangkaraya

Kalimantan dijuluki dengan nama pulau seribu sungai, kalau anda berjalan-jalan ke kalimantan jangan lupa untuk merasakan sensasi berwisata untuk memasuki ke daerah pedalaman yang masih sangat eksotikme yang sangat menantang. Tantangan berwisata di kalimantan bermacam-macam. Alam Kalimantan masih banyak yang asri dan belum terjamah oleh tangan-tangan manusia.
Berwisata di Kalimantan Tengah tentu anda akan heran mendengar dan pasti ingin mencoba karena di daerah ini khususnya dipedalaman Kalimantan Tengah sangat banyak wisata Kulinernya asli dan sangat enak serta tidak ada yang namanya pengawet serta bahan2 kimia lainnya didalam kuliner tersebut.

Wisata Alam dan Kuliner Khas di Palangkaraya
Kalau anda ke Palangkaraya jangan lupa untuk berwisata SUSUR SUNGAI KAHAYAN yang menggunakan kapal dari kayu besi. Kita akan melewati perkampungan khas Kalimantan misalnya rumah diatas sebuah batang kayu apabila airnya lagi naik rumahnya pun akan ikut naik pula, apabila airnya surut maka rumahnya pun ikut turun mengikuti air.

Wisata Susur Sungai Kahayan dengan KM. LASANG TERAS GARU anda akan menikmati nuansa alam dan sungguh menyenangkan karena di design sesuai untuk wisata. Disini terdapat pula bar serta kamar-kamar tidur buat para wisman yang ingin merasakan wisata 2 hari 1 malam, atau bisa juga lebih sesuai kebutuhan.
Berbicara masalah khas kuliner di palangkaraya anda sekalian tentunya akan kaget seperti sayur asam dari umbut rotan atau pucuk dari tumbuhan yang disayur diberi nama Sayur Kalakai. Sayur2 seperti ini sangat enak dan ternyata khasiatnya sangat bagus buat yang suka orang yang kekurangan darah atau yang kena gula darah.
Kota palangkaraya dilintasi oleh sebuah sungai namanya sungai KAHAYAN dan ini urat nadi dari palangkaraya sebelum adanya jalan transkalimantan. Nah berbicara masalah sungai tentu manfaatnya sangat banyak. Diantaranya banyaknya hasil ikan dan berbagai macam jenis udang.

Ikan yang sangat enak untuk santapan kuliner yaitu : ikan Baung, Ikan Patin, Ikan Lais, Ikan Papuyu dan Ikan Gabus, karena ikan-ikan ini hidupnya secara liar tentu sangat lezat. Kalau udang tentunya Udang Galah yang khas Kalimantan.
Ikan dan undang ini tentunya sangat enak di panggang, biasanya makannya di bawah saung yang ada pepohonan dan pinggir sungai sehingga menyatu sama alam.

WIsata yang ada di Palangkaraya
1. Wisata Susur Sungai Kahayan
2. Bukit Alam tangkiling
3. Bundaran Besar, Bundaran Kecil dan Bundaran Burung
4. Rumah Betang (rumah adat khas dayak ngaju)
5. Musium Balanga

Rumah Makan Yang Khas di Palangkaraya
1. RM. Kampung Lauk, jl. Trans Kalimantan arah Gunung Mas di Pahandut Seberang
2. Kum-Kum, Jl, Tran Kalimantan arah Gunung mas di Pahandut Seberang
3. RM. Pelangi jl. Dr murjani palangkaraya
4. Rm. Alan jl. Dr Murjani Palangkaraya
5. RM Fadli jl. Yos Soedarso Palangkaraya
6. RM makan AA, jl. Yos soedarso Palangkaraya

Kalau anda ingin berwisata dan berpetualang inilah tempatnya.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking