Donderdag 14 Maart 2013

Makanan dan Minuman



Hidangan Utama

Meskipun masakan Khmer tidak seterkenal Thailand, tapi sebenarnya untuk banyak wisatawan sama nikmatnya dengan masakan dari beberapa negara tetangganya, hanya saja masakan Khmer tidak terlalu pedas, dan bagaimanapun juga terasa berbeda dengan masakan tetangganya di sebelah timur, Vietnam.

Pengaruh asing seperti dari Cina, Perancis, India, Jawa, Vietnam juga membentuk beberapa masakan Khmer. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan koki Kamboja, Nadsa de Monteiro dalam booklet berjudul “Cambodia on a Plate” yang menyebutkan bahwa Jawa kuno dan India telah mempengaruhi masakan Khmer: “From India, by way of Java”. Info lebih tentang kutipan serupa dari Koki Khmer Nadsa de Monteiro, Phnom Penh, Kamboja.

Masakan Khmer menggunakan berbagai macam bumbu, seperti bawang putih, jahe, daun jeruk purut, sereh, bawah merah, asam, kunyit, sedikit cabai, dan sebagainya. Salah satu masakan terkenalnya adalah Amok, berupa (biasanya) ikan kukus dengan campuran bumbu bernama Kroeung (bawang putih, jahe, sereh, kunyit, sedikit cabai, dsb) dan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Amok juga bisa dibuat dengan tahu untuk para vegetarian. Seperti kebanyakan negara di Asia, masyarakat Khmer juga terbiasa memakan hidangan utama mereka dengan nasi (bai dalam bahasa Khmer).

Masakan populer Khmer lainnya adalah Lok Lak (daging sapi cincang goreng). Lok Lak yang enak ini dipercaya berasal dari Vietnam dan biasanya disajikan dengan campuran sayur segar, seperti, ketimun, selada, dsb. Makanan ini juga dihidangkan dengan sedikit saus jus jeruk nipis dicampur dengan lada hitam dan garam.

Masyarakat Kamboja juga memiliki hidangan yang dicampur dengan daging dan buah-buahan segar seperti Cha Trie Cheimouy Sway, ikan goreng dicampur dengan mangga (lihat foto di bawah).

Harga makanan lokal biasanya sekitar 5.000 sampai 10.000 Riel, tergantung tipe restorannya.

Pengaruh Perancis dalam masakan Khmer dapat diketahui dari roti Perancis, baguette, yang dijual di kedai-kedai makanan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati masakan dari negaranya sendiri, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena terdapat banyak restoran yang menyediakan masakan Asia, Barat, dan masakan untuk vegetarian. Terdapat juga restoran cepat saji yang menjual donut, pizza, dll. Sebagai informasi, pizza kecil (untuk satu orang) harganya sekitar US$ 3.


Makanan Ringan

Masyarakat Kamboja memiliki makanan ringan atau pencuci mulut, seperti pisang bakar atau masyarakat lokal menyebutnya dengan Chak Ang, nasi ketan dengan santan, berbagai macam buah tropis, seperti kelapa (dwong), durian (thoo-rian), mangga (sway), pepaya (le-hong), dsb.

Minuman

Ada banyak minuman soda yang cukup terkenal di Kamboja, begitu pula bir-bir impor. Bir lokal yang tersedia di pasar adalah “Angkor” dan “Bayon”. Hampir setiap restoran menyediakan bir atau minuman beralkohol. Pengunjung juga tidak akan kesulitan untuk menemukan air mineral kemasan botol yang tersedia dengan sangat mudah.

Kopi Khmer yang dihidangkan dengan atau tanpa susu juga merupakan salah satu minuman favorit masyarakat lokal. Beberapa pengunjung mungkin akan menyukai rasanya, ada pula yang tidak.

Informasi harga: minuman tebu 1.000 Riel, sekaleng minuman ringan US$ 1, kopi lokal sekitar 4.000 Riel, bir sekitar 5.000 Riel, dan botol kecil air mineral sekitar 2.000 Riel. Harga-harga ini bisa berbeda, tergantung di mana Anda membelinya.

Toup Aha Toch Toch (Toup)

Selain restoran lokal dengan standar yang bagus, Anda juga akan menemukan kedai makanan lokal di jalan yang disebut Toup Aha Toch Toch. Di tempat-tempat inilah Anda akan menemukan harga makanan yang sesungguhnya dan harga-harga tersebut sangat terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Kamboja, walaupun kebersihan dan kehigienisannya mungkin tidak sesuai dengan “standar Anda”. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati menilai sebelum memutuskan untuk memesan atau memakan makanannya.



Makanan Khas Khmer

Ingatlah bahwa terkadang gambar membuat makanan terlihat enak namun Anda mungkin tidak menyukainya, atau justru sebaliknya...

Cha Trie Cheimouy SwayChak Ang
Chrok Kkway (babi panggang)Cha Kong Kep Geich Chrok (babi dan kodok goreng)
Jenis-jenis hidangan lokal

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking