Donderdag 14 Maart 2013

Prol Tape
Kue prol tape sebagai ikon baru makanan oleh-oleh dari Kota  Jember, Jawa Timur.
Makanan berbahan dasar tape singkong ini ada berbagai macam rasa mulai coklat, keju, kismis, dan orisinal.  Kue yang terbuat dari tepung terigu,tape singkong, susu, mentega dan telur ini rasanya hampir seperti kue cake tapi aroma rasa tapenya sangat terasa yaitu manis, kecut dan gurih.

 Nama prol tape sendiri kurang diketahui darimana asalnya. Tapi kalau dimakan memang kue prol tapenya seperti ngeprol (rontok)  dan terasa lunak di lidah.
Harga prol tape cukup Rp 19.000 untuk ukuran kecil dan Rp 23.000 ukuran besar. Salah satu pedagang oleh-oleh yang membuat sendiri kue prol tape adalah Toko Primadona, di dekat Pasar Tanjung , Jember.
Di setiap acara reuni-reuni  perkumpulan warga Jember yang diadakan di Jakarta, kue prol tape selalu disuguhkan sebagai menu wajib bagi warga Jember untuk mengobati obat kangen makanan kampung halamannya.
Kue prol tape sekarang ini sudah banyak dibeli di semua toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Gajah Mada dan  Jalan Trunojoyo Jember. 

Suwar-Suwir
Suwar-suwir itu makanan apa? Pasti pertanyaan itu yang ditanyakan orang awam yang belum pernah makan penganan khas Jember, Jawa Timur.


Rasanya legit, manis, bercampur kecut. Selintas seperti sedang mencicipi tape. Manisnya pun tak terlalu menggigit. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. Warna pun beraneka, mulai dari hijau, coklat, putih, hingga merah.
Rasanya bervariasi. Ada rasa buah seperti sirsak dan stroberi. Lalu ada rasa pandan, cokelat, dan vanili. Pada awalnya rasa
 Pia Tape
Kota Jember, Jawa Timur sebagai kota tape memang menumbuhkan aneka rasa jenis jajanan serba bahan tape singkong. Mulai mulai suwar suwir, prol tape, dodol tape, dan sekarang ada inovasi baru pia tape yang mulai popular untuk oleh-oleh khas Jember.
Pia tape aneka rasa mulai keju, coklat dan keju. Harga di toko oleh-oleh Rp 13.000 per kotak dengan isi 10 potong pia yang berbentuk kotak selebar 5 centimeter.

Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya dan ada tambahan asin bila rasa keju dan manis bila rasa cokelat atau pisang.
Kulit pia-nya juga lembut, nggak terasa rasa tepungnya karena langsung terlindas rasa dalamnya berupa tape yang telah dicampur gula dan susu.
Pia tape ini bisa dibeli di jalan Trunjoyo dan Gajahmada Kota Jember.

Tape Singkong Khas Jember
Tape singkong ada dijual dimana-mana di seluruh Pulau Jawa. Tapi tape dengan kemasan di dalam besek atau anyaman bambu hanya ada di Jawa Timur. Terutama di Kota Jember dan Bondowoso, tape singkong menjadi primadona untuk oleh-oleh dan makanan olahan.
Makanan olahan bisa jadi kue prol tape, brownies tape, pia tape, dodol tape dan suwar suwir seperti permen yang bisa menjadi oleh-oleh khas Kota Jember.

Rasa tape besekan antara campur manis kecut. Warna putih berlumur tepung dari ragi yang membuat tape menjadi lunak dan manis. Tape akan semakin lunak atau lembek apabila tingkat kematangannya sudah pas.
Tape dari bahan singkong ini harus bersih betul proses pencuciannya sebelum diberi ragi agar menjadi tape yang manis dan matang. Ukuran racikan ragi dan singkong harus pas agar bisa menjadi tape yang manis.
Tape singkong dijual bertingkat isi tiga besek dijual antara Rp 10.000 sampai Rp 12.000 tergantung besar kecilnya.
Tape dalam besek dijual dilengkapi dengan tanggal kematangannya. Paling lama matang dalam waktu seminggu bisa dibawa ke luar negeri sampai lima hari baru matang. Kalau ingin dimakan langsung hari pembelian berarti pembeli perlu membeli tape yang matang hari itu juga.
Tape besekan ini dijual di Stasiun Kereta Api Jember, Terminal Tawangalun, toko oleh-oleh di Jember terutama di Jalan Gajah Mada banyak toko oleh-oleh yang berjualan tape. Sedangkan Toko Primadona di dekat pasar Tanjung berjualan semua produk tape mulai prol tape, suwar-suwir dan tape besek.
Brownies Tape
Mendengar kata brownies tentu semua orang akan membayangkan kue yang lezat dengan rasa coklat yang menggoda, rasanya manis dan legit, sehingga membuat orang ketagihan untuk makan kue brownies.

tapi kali ini browniesnya berbedaaa! Anda yang gemar makan kue brownies, bisa mencoba untuk mencicipi kue brownies tape yang lezat khas Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang rasanya tidak kalah dengan kue brownies lainnya.

Berkunjung ke kota tembakau ini, rasanya tidak lengkap apabila anda tidak membawa oleh-oleh khas Jember beraneka macam yang berbahan tape singkong, seperti brownies tape.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking