Donderdag 14 Maart 2013

Makanan Khas Bangka, Serba Ikan tapi Maknyus!

REP | Minggu, 5 Februari 2012 | 03:14 WIB Dibaca: 2441   Komentar: 2   1 bermanfaat
Pernahkah anda mendengar nama pulau Bangka ? sebuah pulau kecil di seberang provinsi Sumatera Selatan yang dibatasi oleh selat Bangka, yang begitu terkenal dengan timahnya, ladanya, kerupuknya, seta martabak nya. Tentu kita tidak asing lagi dengan martabak Bangka bukan?? Dimana-mana sudah banyak sekali martabak bangka, di pinggir jalan, di mal, pokoknya dimana-mana ada dhe, walaupun belum tentu pedagangnya berasal dari bangka.


Makanan khas bangka enak-enak lho. Bagi yang pernah mencobanya, pasti ketagihan. Mayoritas makanan khas Bangka semuaaaanyaa terbuat dari ikan, kata salah seorang Bangka " orang Bangka seperti air laut tanpa garam apabila sehari saja tidak menyantap ikan". Oleh sebab itu, ikan menjadi menu utama, danbahan dasar dari makanan Khas Bangka. Mari kita mengenalnya satu per satu.

pempek bangka
Sumber: pempek bangka



1. Pempek Bangka


Pempek yang biasa kita dengar adalah pempek Palembang, tetapi pernahkah anda mencoba pempek Bangka? bahan dasar nya sama yaitu dari ikan, namun dari segi cita rasa sangat berbeda, karena pempek bangka dapat dimakan baik direbus maupun digoreng, ada juga pempek kulit dari Bangka, semua berbahan dasar ikan. Ciri khas lain terletak dari sambal cuka yang digunakan, pempek Palembang hanya menggunakan satu jenis cuka, yang berwarna hitam terbuat dari cukadan gula merah, sedangkan pempek bangka memiliki 4 macam sambal cuka lhoo yang pastinya menggugah selera makan kita, ada cuka gula merah seperti Palembang, cuka bawang putih, cuka tauco, dan cuka terasi. Wah makin penasaran bukannn??? Saya pernah menyantap pempek Bangka ini dipasar sunter jaya lantai dua, dan rasanya maknyussss....


2. Otak-otak bangka

otak-otak
Sumber: otak-otak



otak-otak bakar yang dibungkus dengan daun pisang, layaknya kita lihat sehari-hari yang dibakar itu, berbahan dasar ikan, santan, dan bawang merah. Otak-otak bangka terkenal dengan rasa ikan nya yang beitu tajam, dan sambal kacang nya yang enak emmm semakin merasa lapar ya? Orang bangka biasanya kurang menyukai sambal kacang, mereka tetap menggunakan smabal cuka tauco atau terasi, atau di mix sesuai selera, dan yang hebatnya lagi, cuka sambal ini oleh orang Bangka biasanya diserupuuttt lhooo, woww.. maknyuzz...


3. Tahu Kok

tahu kok
Sumber: tahu kok



Pernah melihat tahu isi ikan, baso ikan, fukian yang tersaji dalam satu mangkuk ?? bila anda belum tahu namanya, itulah yang dinamakan tahu kok. Makanan ini berasal dari Bangka juga lho!! Tahu Kok disajikan dengan sambal tauco juga lho, dan ini sangat nikmat apabila disantap selagi hangat. Biasa orang bangka menambahkan irisan daging dan sayuran untum menambah cita rasanya dan menambah aroma kaldunya. Semua tetap berbahan dasar ikan.

kemplang bangka
Sumber: kemplang bangka



4. Kemplang / Kerupuk Bangka


siapa sih yang tidak tahu kemplang/kerupuk Bangka? tentunya sudah sangat terkenal bukan? Kemplang bakar dari Bangka sangat digemari masyarakat terutama karena sambal terasinya itu lhoo. Selain itu ada juga kerupuk-kerupuk yang terbuat dari ikan, cumi-cumi, atau udang. Sudah banyak sekali toko bahkan supermarket menjual aneka kerupuk dari Bangka ini.


5. Ikan Lempa Nanas

ikan lempa nanas
Sumber: ikan lempa nanas



Makanan ini sangat menggugah selera karena perpaduan antara ikan yang amis dengan nanas yang asam, semua tergabung dalam satu paket makanan dengan kuah kuning. woww, sangat maknyuss apalagi dimakan selagi hangat, rasanya bercampur antara asam dan manis, juga pedas, wahh pokoknya komplit dhe, dan patut dicoba!!

getas
Sumber: getas



6. Getas


Tidak jauh berbeda dengan kerupuk, getas adalah sejenis kerupuk berbentuk seperti pilus bulat-bulat atau memanjang. rasanya sangat enak, dan apabila sudah makan sulit untuk direm. Getas sering dijadikan sebagai cemilan untuk menyambut tamu atau sebagai teman untuk makan mie atau baso.


7. Martabak Bangka

martabak
Sumber: martabak



Nah ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi, semua orang juga pasti tahu bukan?? aneka macam rasa martabak Bangka semakin berkembang, yang dahulunya hanya terbatas kacang,coklat, wijen, atau keju, sekarang sudah campur rasa-rasa lain seperti strawberry, nanas, durian, dan lainnya.


8. Mie Bangka

mie bangka
Sumber: mie bangka



Mie bangka pada umumnya tidak berbeda jauh dengan mie-mie lainnya. Namun setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Mie medan identik dengan daging yang berlimpah ruah, dan porsi yang cukup banyak, Mie Bangka identik dengan daging cincang dan aroma bawang putih yang begitu khas, serta jarang menggunakan kuah, biasanya mie bangka berwarna cokelat karena enggunakan kecap.


Masih banyak  makanan lainnya yang kalau saya sebutkan bisa membuat anda semua semakin laparrr, perlu kita ketahui bahwa makanan khas bangka itu mayoritas berbahan dasar ikan, dan ikan sangatlah mengandung banyak gizi yang diperlukan tubuh. semoga informasi ini berguna..

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking